Jumat, 21 September 2012

Resume MSDM pertemuan 3 (Perencanaan SDM)


Perencanaan sumber daya manusia  adalah proses sistematik untuk meramalkan kebutuhan pegawai (demand) dan ketersediaan (supply) pada masa yang akan datang, baik jumlah maupun jenisnya, sehingga departemen SDM dapat merencanakan rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan aktivitas yang lain dengan baik.

Tujuan Perencanaan SDM
  1. Memperbaiki pemanfaatan sumber daya manusia.
  2. Menyesuaikan aktivitas sumber daya manusia dan kebutuhan di masa depan secara efisien.
  3. Meningkatkan efisiensi dalam menarik pegawai baru.
  4. Melengkapi informasi sumber daya manusia yang dapat membantu kegiatan SDM dan unit organisasi lain.



Langkah-langkah Perencanaan SDM
1.  Analisis faktor-faktor penyebab perubahan kebutuhan SDM.
Nominal Delphi Technique (NGT), yaitu menghadirkan 5-10 orang ahli dan ditanyakan penyebab perubahan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang. Hasilnya didiskusikan secara bersama-sama, faktor diranking atau diurutkan dari yang paling penting.
Delphy Tecnique, yaitu bila para ahli tidak dapat berdiskusi secara bersama. Perencana SDM meminta pendapat masing-masing ahli kemudian disimpulkan.
Perkiran manajer, yaitu kebutuhan SDM diperkirakan oleh manajer puncak, kemudian diberikan ke manajer di bawahnya atau sebaliknya.
2. Peramalan kebutuhan SDM.
Analisis dilakukan berdasarkan kecenderungan kebutuhan pada masa lalu, yaitu :a.       Ekstrapolasi, yaitu mengasumsikan bahwa tingkat perubahan masa lalu sama dengan yang akan datang.
b.      Indeksasi, yaitu menghitung bahwa rasio antara jumlah pegawai dengan jumlah penjualan atau produksi pada masa lalu akan sama di masa akan datang.
3.  Penentuan kebutuhan SDM di masa yang akan datang.
Budget and planning analysis merupakan  jumlah budget yang telah disetujui, yang di dalamnya berisi jumlah kebutuhan pegawai pada setiap departemen di dalam suatu perusahaan.
4. Analisis ketersediaan (supply) SDM dan kemampuan perusahaan.
New venture analysis, yaitu menghitung jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dengan membandingkannya dengan pembukaan usaha baru yang pernah dilakukan oleh perusahaan lain.
5. Penentuan dan implementasi program.
Computer analysis yaitu, suatu program perhitungan yang dilakukan oleh komputer melalui rumus matematika, rasio-rasio atau indeksasi dan ekstrapolasi secara bersama-sama.


Meramalkan Penawaran Sumber Daya Manusia
Setelah kebutuhan sumber daya manusia diramalkan, kemudian ketersediaan mereka harusdiidentifikasikan.
peramalan ketersediaan sumber daya manusia mempertimbangkan baik penawaraneksternal maupun internal. Meskipun penawaran internal mungkin lebih mudah dihitung, tetaplahpenting untuk menghitung penawaran eksternal seakurat mungkin.

Penawaran Eksternal
Penawaran eksternal akan karyawan potensial yang tersedia untuk organisasi harusdiperkirakan.
Penggunaan ekstensif dari perkiraan populasi angkatan kerja pemerintah, tren-tren dalam industri, dan banyak lagi faktor-faktor saling terkait yang lebih kompleks harusdipertimbangkan.

Penawaran Internal
Perkiraan penawaran internal mempertimbangkan bahwa karyawan berpindah daripekerjaannya yang sekarang ke pekerjaan lain melalui promosi, pindah ke cabang, danpemecatan. Selain itu, juga dipertimbangkan bahwa penawaran internal dipengaruhi olehprogram pelatihan dan pengembangan, kebijakan transfer dan promosi, kebijakan pension,serta faktor-faktor lainnya.Secara internal, analisis pergantian kepemimpinan adalah salah satu metode yangdigunakan untuk meramalkan penawaran orang untuk posisi tertentu. Hal ini bergantung padarencana pergantian, yang mana rencana pergantian kepemimpinan dikembangkan untuk mengidentifikasi perubahan personel yang potensial, memilih kandidat cadangan,mempromosikan karyawan, dan tetap mengikuti atribusi untuk setiap departemen dalamsebuah organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar