Senin, 03 Desember 2012

Resume MSDM Pertemuan 11 ( Human Resource Information System )


Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah perangkat lunak atau solusi online untuk pemasukan (entri) data, pelacakan data , dan kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam perusahaan.

HRIS biasanya dikemas dalam suatu data base. Terdapat atusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat lunak HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Tentukan pilihan perangkat HRIS Anda dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan di perusahaan Anda.

Secara umum sebuah Human Resource Information Systems (HRIS) menyediakan berbagai fungsi, antara lain:
  • Manajemen informasi karyawan
  • Pelaporan dan analisa informasi karyawan
  • Berhubungan dengan dokumen-dokumen perusahaan yang seperti buku pedoman karyawan, prosedur evakuasi darurat, dan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Manfaat Administrasi Tunjangan (benefits) termasuk proses pendaftaran, perubahan status, dan pembaharuan informasi karyawan.
  • Terintegrasi dengan sistem penggajian (payroll) dan perangkat lunak dalam perusahaan seperti keuangan dan sistem akuntansi.
  • Manajemen pelamar kerja dan resumenya




HRIS berguna bagi perusahaan untuk :
  • mencatat dan melacak kehadiran dan penggunaan PTO
  • kenaikan gaji dan riwayat gaji (pengupahan) karyawan
  • mengatur skala gaji dan jabatan
  • rencana pengembangan kinerja
  • pelatihan yang diterima
  • tindakan disipliner yang diterima
  • informasi pribadi karyawan
  • pengelolaan dan rencana suksesi karyawan kunci,
  • identifikasi karyawan berpotensi tinggi
  • penelusuran pelamar kerja, wawancara dan seleksi

HRIS yang efektif memberikan informasi tentang apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk melacak dan menganalisis karyawan, mantan karyawan, dan pelamar kerja. Perusahaan Anda memerlukan sistim Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) yang luwes dan dapat dikustomisasi sesuai perkembangan dan kebutuhan perusahaan.

Dengan HRIS yang tepat, staf Sumber Daya Manusia memungkinkan karyawan untuk melakukan pembaruan data mereka sendiri dan perubahan alamat, sehingga membebaskan staf HR untuk lebih fungsi-fungsi strategis. Fungsi ini biasanya dikenal dengan Employee Self Service (ESS)

Selain itu, data yang diperlukan untuk pengelolaan karyawan, pengembangan pengetahuan, pertumbuhan dan pengembangan karir, dan perlakuan yang setara dapat difasilitasi oleh sistem HRIS.

Akhirnya, para manajer dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk secara legal, etis, dan efektif dapat mendukung keberhasilan karyawan yang menjadi anak buah mereka.

Berbagai fungsionalitas serta fleksibilitas dalam hal kustomisasi telah dikemas secara lengkap dalam OrangeHRM. Berbagai kemudahan dan kegunaannya dapat Anda jumpai dalam software HRIS yang manis ini

INPUT HRIS :
  • Sub Sistem SIA (Sistem Informasi Akuntansi). SIA menyediakan data akuntansi bagi HRIS sehingga database berisi gambaran yang lengkap dari sumber daya personil baik keuangan maupun non keuangan.
  • Sub Sistem Penelitian Sumber DayaManusia. Bergungsi untuk mengumpulkan data melalui proyek penelitian khusus. Contoh: Penelitian Suksesi (succession Study), Analisis dan Evaluasi Jabatan (Job Analysis and Evaluation), dll
  • Sub Sistem Intelijen Sumber DayaManusia. Berfungsi mengumpulkan data yang berhubungan dengan sumber daya manusia dari lingkungan perusahaan.


OUTPUT HRIS :
  • Subsistem Perencanaan Kerja. Merupakan informasi yang dibutuhkan oleh manajer atas untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja dalam jangka pendek dan jangka panjang. Informasi ini meliputi informasi untuk analisis perputaran tenaga kerja (turnover), anggaran biaya tenaga kerja dan perencanaan tenaga kerja itu sendiri.
  • Subsistem Perekrutan. Merupakan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk pengadaan tenaga kerja secara eksternal maupun internal. Informasi-informasi ini diantaranya adalah informasi pasar tenaga kerja, penjadwalan wawancara, perekrutan dan analisis rekruitmen.
  • Subsistem Manajemen Angkatan Kerja. Merupakan informasi informasi yang dibutuhkan untuk mengelola sumber daya manusia di dalam organisasi. Informasi ini meliputi informasi pelatihan, penilaian atau evaluasi kerja, evaluasi keahlian, karir, realokasi jabatan, suksesi, dan kedisiplinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar