Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah perangkat
lunak atau solusi online untuk pemasukan (entri) data, pelacakan data , dan
kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi
akuntansi dalam perusahaan.
HRIS biasanya dikemas dalam suatu
data base. Terdapat atusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat
lunak HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Tentukan pilihan
perangkat HRIS Anda dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan di perusahaan
Anda.
Secara umum sebuah Human Resource Information Systems (HRIS)
menyediakan berbagai fungsi, antara lain:
- Manajemen informasi karyawan
- Pelaporan dan analisa informasi karyawan
- Berhubungan dengan dokumen-dokumen perusahaan yang seperti buku pedoman karyawan, prosedur evakuasi darurat, dan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.
- Manfaat Administrasi Tunjangan (benefits) termasuk proses pendaftaran, perubahan status, dan pembaharuan informasi karyawan.
- Terintegrasi dengan sistem penggajian (payroll) dan perangkat lunak dalam perusahaan seperti keuangan dan sistem akuntansi.
- Manajemen pelamar kerja dan resumenya
HRIS berguna bagi perusahaan untuk :
- mencatat dan melacak kehadiran dan penggunaan PTO
- kenaikan gaji dan riwayat gaji (pengupahan) karyawan
- mengatur skala gaji dan jabatan
- rencana pengembangan kinerja
- pelatihan yang diterima
- tindakan disipliner yang diterima
- informasi pribadi karyawan
- pengelolaan dan rencana suksesi karyawan kunci,
- identifikasi karyawan berpotensi tinggi
- penelusuran pelamar kerja, wawancara dan seleksi
HRIS yang efektif memberikan
informasi tentang apa saja yang dibutuhkan perusahaan untuk melacak dan
menganalisis karyawan, mantan karyawan, dan pelamar kerja. Perusahaan Anda
memerlukan sistim Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) yang luwes dan dapat
dikustomisasi sesuai perkembangan dan kebutuhan perusahaan.
Dengan HRIS yang tepat, staf
Sumber Daya Manusia memungkinkan karyawan untuk melakukan pembaruan data mereka
sendiri dan perubahan alamat, sehingga membebaskan staf HR untuk lebih
fungsi-fungsi strategis. Fungsi ini biasanya dikenal dengan Employee Self
Service (ESS)
Selain itu, data yang diperlukan
untuk pengelolaan karyawan, pengembangan pengetahuan, pertumbuhan dan
pengembangan karir, dan perlakuan yang setara dapat difasilitasi oleh sistem
HRIS.
Akhirnya, para manajer dapat
mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk secara legal, etis, dan efektif
dapat mendukung keberhasilan karyawan yang menjadi anak buah mereka.
Berbagai fungsionalitas serta
fleksibilitas dalam hal kustomisasi telah dikemas secara lengkap dalam
OrangeHRM. Berbagai kemudahan dan kegunaannya dapat Anda jumpai dalam software
HRIS yang manis ini
INPUT HRIS :
- Sub Sistem SIA (Sistem Informasi Akuntansi). SIA menyediakan data akuntansi bagi HRIS sehingga database berisi gambaran yang lengkap dari sumber daya personil baik keuangan maupun non keuangan.
- Sub Sistem Penelitian Sumber DayaManusia. Bergungsi untuk mengumpulkan data melalui proyek penelitian khusus. Contoh: Penelitian Suksesi (succession Study), Analisis dan Evaluasi Jabatan (Job Analysis and Evaluation), dll
- Sub Sistem Intelijen Sumber DayaManusia. Berfungsi mengumpulkan data yang berhubungan dengan sumber daya manusia dari lingkungan perusahaan.
OUTPUT HRIS :
- Subsistem Perencanaan Kerja. Merupakan informasi yang dibutuhkan oleh manajer atas untuk merencanakan kebutuhan tenaga kerja dalam jangka pendek dan jangka panjang. Informasi ini meliputi informasi untuk analisis perputaran tenaga kerja (turnover), anggaran biaya tenaga kerja dan perencanaan tenaga kerja itu sendiri.
- Subsistem Perekrutan. Merupakan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk pengadaan tenaga kerja secara eksternal maupun internal. Informasi-informasi ini diantaranya adalah informasi pasar tenaga kerja, penjadwalan wawancara, perekrutan dan analisis rekruitmen.
- Subsistem Manajemen Angkatan Kerja. Merupakan informasi informasi yang dibutuhkan untuk mengelola sumber daya manusia di dalam organisasi. Informasi ini meliputi informasi pelatihan, penilaian atau evaluasi kerja, evaluasi keahlian, karir, realokasi jabatan, suksesi, dan kedisiplinan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar