- Membantu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan-tujuan organisasi dan penciptaan nilai departemen SDM.
- Mendapatkan umpan balik, baik dari karyawan maupun manajer yang berkaitan dengan tugas-tugas dan pengelolaan SDM
- Membantu Manajer SDM dalam membuat keputusan Manfaat Audit SDM
- Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM – Rekrutmen dan seleksi, kompensasi, pelatihan, penilaian kinerja, dan sebagainya
- Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan;bisnis perusahaan
- Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan terus menerus
- Mengidentifikasi berbagai masalah strategik dan administratif implementasi fungsi SDM
- Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM
Lingkup Audit SDM
1.
Audit Strategi Korpororasi/Kompatibilitas
·
Menilai keterkaitan dan konsistensi kebijakan
dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan;
·
Mempelajari rencana bisnis jangka panjang, dan
melakukan peninjauan lingkungan secara sistematis guna mengungkap tren‐tren yang berubah
2.
Audit Fungsi SDM
·
Merupakan penilaian atas berbagai fungsi yang
dijalankan departemen SDM.
·
Terdiri
atas:
i.
Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusiay
ii.
Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
iii.
Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi
3.
Audit Kepuasan Karyawan
· Kinerja departemen SDM dinilai efektif jika
mampu mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus juga memenuhi kebutuhan para
karyawan.
· Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi, maka
cenderung akan timbul turnover, kemangkiran, dan aktivitas serikat pekerja.
· Moral dan kepuasan karyawan adalah prekondisi
atau prasyarat bagi peningkatan produktivitas, keresponsifan, kualitas, dan
pelayanan pelanggan.
· Kepuasan karyawan dapat diukur dengan survey
Kepuasan karyawan dapat
diukur dengan survey kepuasan
(satisfactory survey) yang dilakukan secara periodik.
Contoh pertanyaan:
·
Seberapa puas saudara terhadap kesempatan berpartisipasi dalam
pengambilan keputusan yang mempengaruhi pekerjaan
saudara?
Elemen Kepuasan Karyawan
·
Partisipasi dan keterlibatan dalam
pengambilan keputusan
·
Pengakuan (recognition) terhadap kinerja
·
Akses terhadap informasi secara memadai untuk
melaksanakan pekerjaan dengan baik
·
Dorongan aktif untuk menjadi kreatif dan
menggunakan inisiatif
·
Dukungan untuk inovasi dan perbaikan kerja
·
Tingkat dukungan dari fungsi staf
·
Kondisi dan iklim pekerjaan
· Pekerjaan
itu sendiri
·
Kontak pekerjaan dengan rekan kerja
· Supervisi
·
Kepemimpinan puncak
·
Penggajian dan benefits
·
Keamanan kerja
·
Kesempatan karir dan promosi
·
Pemberian balikan dan komunikasi
·
Perencanaan organisasional
·
Kepuasan menyeluruh dengan perusahaan
Langkah-langkah Survey Kepuasan
1. Perencanaan
survei. Sasaran survei harus ditentukan secara jelas
2.
Perencanaan kuesioner. Kuesioner harus mencakup
semua faktor situasi kerja yang diyakini berhubungan dengan kepuasan
dandiyakini berhubungan dengan kepuasan dan
ketidakpuasan karyawan
3. Pengadministrasian kuesioner. Karyawan perlu
diorientasi agar memahami maksud survei. Prosedur yang biasa diterapkan adalah
menyebarkan kuesioner secara anonym pada waktu kerja
4. Penganalisisan data. Tabulasi dapat dirinci
berdasar departemen, jenis kelamin, status karyawan, jenjang, dan kategori
lain. Komparas hasil survey sebelumnya
dan komparasi antar partemen akan memberikan wawasan bagi
perbaikan
5. Pengambilan tindakan korektif. Setelah masalah
diidentifikasi, tindakan korektif dapat
diambil. Balikan tentang hasil survei dan tindak lanjut yang direncanakan pihak manajemen perlu dikomunikasikan kepada
karyawan
4.
Audit Ketaatan/Kepatuhan Manajerial
·
Ketaatan Internal
Menilai dan
mengukur berbagai kegiatan MSDM para
manajer lini. Apakah sesuai dengan berbagai kebijakan, prosedur, dan
aturan yang berlaku?
·
Ketaatan Eksternal
i.
Mengantisipasi berbagai regulasi dan informasi
yang akan diterapkan oleh pemerintah
ii.
Menetapkan
program dan prosedur untuk menjamin pemenuhan regulasi pemerintah
Pelaksanaan Audit
·
Pelaksana : Internal atau Eksternal organisasi
·
Langkah-langkah:
1.
Memperkenalkan gagasan audit dan menekankan
manfaat yang diperoleh
2.
Memilih personel dengan ketrampilan yang luas
dan2. Memilih personel dengan ketrampilan yang luas danmemberikan pelatihan
3.
Mengumpulkan data dari berbagai unit,
jenjang, dan tahun yang berbeda dalam
organisasi
4.
Menyiapkan laporan audit untuk manager lini
danevaluasi departemen SDM
5.
Mendiskusikan laporan dengan manager operasi
6.
Menyatukan tindakan korektif
Instrumen Audit SDM
- Wawancara
- Kuesioner
- Analisis Historis
- Informasi Eksternal
- Eksperimen SDM
Laporan Audit
- Suatu deskripsi komprehensif yang berisi hasil diagnosis dan analisis berbagai temuan kegiatan audit yang mencakup baik penekanan terhadap berbagai praktik efektif maupun rekomendasi bagi perbaikan berbagai praktik yang tidak efektif bagi perbaikan berbagai praktik yang tidak efektif.
- Karena laporan ditujukan kepada manajer dan staff departemen SDM dan manajer lini, tujuan dan lingkup audit perlu disusun secara lengkap dan tidak memihak, serta temuan dan simpulan dirumuskan secara obyektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar