- Membantu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan-tujuan organisasi dan penciptaan nilai departemen SDM.
- Mendapatkan umpan balik, baik dari karyawan maupun manajer yang berkaitan dengan tugas-tugas dan pengelolaan SDM
- Membantu Manajer SDM dalam membuat keputusan Manfaat Audit SDM
- Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM – Rekrutmen dan seleksi, kompensasi, pelatihan, penilaian kinerja, dan sebagainya
- Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan;bisnis perusahaan
- Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan terus menerus
- Mengidentifikasi berbagai masalah strategik dan administratif implementasi fungsi SDM
- Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM
Lingkup Audit SDM
1.
Audit Strategi Korpororasi/Kompatibilitas
·
Menilai keterkaitan dan konsistensi kebijakan
dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan;
·
Mempelajari rencana bisnis jangka panjang, dan
melakukan peninjauan lingkungan secara sistematis guna mengungkap tren‐tren yang berubah
2.
Audit Fungsi SDM
·
Merupakan penilaian atas berbagai fungsi yang
dijalankan departemen SDM.
·
Terdiri
atas:
i.
Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusiay
ii.
Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
iii.
Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi
3.
Audit Kepuasan Karyawan
· Kinerja departemen SDM dinilai efektif jika
mampu mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus juga memenuhi kebutuhan para
karyawan.
· Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi, maka
cenderung akan timbul turnover, kemangkiran, dan aktivitas serikat pekerja.
· Moral dan kepuasan karyawan adalah prekondisi
atau prasyarat bagi peningkatan produktivitas, keresponsifan, kualitas, dan
pelayanan pelanggan.
· Kepuasan karyawan dapat diukur dengan survey
Kepuasan karyawan dapat
diukur dengan survey kepuasan
(satisfactory survey) yang dilakukan secara periodik.
Contoh pertanyaan:
·
Seberapa puas saudara terhadap kesempatan berpartisipasi dalam
pengambilan keputusan yang mempengaruhi pekerjaan
saudara?