Selasa, 25 Desember 2012

Resume MSDM Pertemuan 12 ( Audit Sumber Daya Manusia )

Tujuan Audit SDM
  • Membantu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan-tujuan organisasi dan penciptaan nilai departemen SDM.
  • Mendapatkan umpan balik, baik dari karyawan maupun manajer yang berkaitan dengan tugas-tugas  dan pengelolaan  SDM
  • Membantu Manajer SDM dalam membuat  keputusan Manfaat Audit SDM
  • Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM – Rekrutmen  dan  seleksi,  kompensasi,  pelatihan, penilaian kinerja, dan sebagainya
  • Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan;bisnis perusahaan
  • Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan terus menerus
  • Mengidentifikasi berbagai masalah strategik dan administratif implementasi fungsi SDM
  • Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM


Lingkup Audit SDM
1.       Audit Strategi Korpororasi/Kompatibilitas
·         Menilai keterkaitan dan konsistensi kebijakan dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan;
·         Mempelajari rencana bisnis jangka panjang, dan melakukan peninjauan lingkungan secara sistematis guna mengungkap  tren‐tren yang berubah
 2.       Audit Fungsi SDM
·         Merupakan penilaian atas berbagai fungsi yang dijalankan departemen SDM.
·         Terdiri  atas:
                                                               i.      Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusiay
                                                             ii.      Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
                                                            iii.      Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi
3.       Audit Kepuasan Karyawan
·   Kinerja departemen SDM dinilai efektif jika mampu mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus juga memenuhi kebutuhan para karyawan.
·   Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi, maka cenderung akan timbul turnover, kemangkiran, dan aktivitas serikat pekerja.
·  Moral dan kepuasan karyawan adalah prekondisi atau prasyarat bagi peningkatan produktivitas, keresponsifan, kualitas, dan pelayanan pelanggan.
·     Kepuasan karyawan dapat diukur dengan survey Kepuasan  karyawan  dapat  diukur  dengan survey kepuasan (satisfactory survey) yang dilakukan secara periodik.
Contoh pertanyaan:
·         Seberapa puas saudara terhadap  kesempatan berpartisipasi dalam pengambilan  keputusan  yang mempengaruhi  pekerjaan  saudara?

Senin, 03 Desember 2012

Resume MSDM Pertemuan 11 ( Human Resource Information System )


Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah perangkat lunak atau solusi online untuk pemasukan (entri) data, pelacakan data , dan kebutuhan informasi dari departemen HRD/SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam perusahaan.

HRIS biasanya dikemas dalam suatu data base. Terdapat atusan perusahaan yang menjual beragam pilihan perangkat lunak HRIS. Setiap HRIS memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Tentukan pilihan perangkat HRIS Anda dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan di perusahaan Anda.

Secara umum sebuah Human Resource Information Systems (HRIS) menyediakan berbagai fungsi, antara lain:
  • Manajemen informasi karyawan
  • Pelaporan dan analisa informasi karyawan
  • Berhubungan dengan dokumen-dokumen perusahaan yang seperti buku pedoman karyawan, prosedur evakuasi darurat, dan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Manfaat Administrasi Tunjangan (benefits) termasuk proses pendaftaran, perubahan status, dan pembaharuan informasi karyawan.
  • Terintegrasi dengan sistem penggajian (payroll) dan perangkat lunak dalam perusahaan seperti keuangan dan sistem akuntansi.
  • Manajemen pelamar kerja dan resumenya

Resume MSDM pertemuan 10 (Globalisasi SDM )


Tantangan Manajemen Bisnis Internasional
  • Koordinasi pasar, produk, dan produksi berencana di seluruh dunia
  • Membuat struktur organisasi yang mampu menyeimbangkan terpusat rumah-kantor kontrol dengan memadai otonomi daerah.
  • Memperluas SDM kebijakan dan sistem untuk layanan staf yang membutuhkan di luar negeri


Tantangan SDM Bisnis Internasional
  •  Penyebaran :  Menempatkan ketrampilan yang tepat sesuai kebutuhan (denganmengabaikan letak geografisnya)
  • Diseminasi pengetahuan dan inovasi : Penyebaran ke seluruh organisasi (dengan mengabaikan asalnya)
  • Identifikasi dan pengembangan bakat secara global : Mengenali siapa yang memiliki kinerja terbaik dan mengembangkan kemampuannya