Minggu, 31 Maret 2013

Resume Jaringan Komputer pertemuan 6 (Alamat Jaringan & Pengelola IP)

NIM   : 11410100054
Nama  : Wardah Lucianna Suhalim 
Kelas  : O1
Dosen : Anjik Sukmaaji, S.Kom, M.Eng


Angka Biner
Desimal
Biner
 1
0 0 0 0 0 0 0 1
2
0 0 0 0 0 0 1 0
3
0 0 0 0 0 0 1 1
4
0 0 0 0 0 1 0 0
5
0 0 0 0 0 1 0 1
6
0 0 0 0 0 1 1 0
71
0 1 0 0 0 1 1 1
Penjelasan :
Biner à  0    0     0     0    0    0    0    1
   ꜜ    ꜜ     ꜜ     ꜜ    ꜜ    ꜜ    ꜜ    ꜜ
   27    26    25   24   23   22   21   20


Biner à 0      1    0     0    0    1    1    1
   ꜜ     ꜜ    ꜜ     ꜜ    ꜜ    ꜜ    ꜜ    ꜜ
   27    26    25   24   23   22   21   20

Alamat Jaringan
·         Setiap satu alamat jaringan memiliki keanggotaan
   Contoh : 0000.0001 ______.______.______
0.            0.         0.         à Net ID
0.            0.         1.         à Host Add
0.            0.         2.         à Host Add
255.     255.     255.     à Broadcast
·         Kelas A = 125 (224-2) = (jumlah Host Add yang dimiliki)
·         Kelas B =  (2(16-2)-16).(216-2) = (jumlah Host Add yang dimiliki)
·         Kelas C = (2(24-3)-256).(28-2) = (jumlah Host Add yang dimiliki)


Minggu, 24 Maret 2013

Resume Jaringan Komputer Pertemuan 5 (INTERNET LAYER PROTOKOL)


NIM   : 11410100054
Nama  : Wardah Lucianna Suhalim 
Kelas  : O1
Dosen : Anjik Sukmaaji, S.Kom, M.Eng


Komponen Internet Layers :
1.       IP Protocol
       a. Path Selection
       b.  RIP,OSPF,BGP
2.       Routing Protokol
        a.       Addresing convention
        b.      Datagram format
        c.       Packet handing convention
3.       ICMP Protokol
        a.       Erroe reporting
        b.      Router
        c.       Signalling


Minggu, 17 Maret 2013

Tugas Resume Jaringan komputer Pertemuan 4 (CONFIGURING A CATALYST SWITCH)

NIM   : 11410100054
Nama  : Wardah Lucianna Suhalim 
Kelas  : O1


Setinggan setiap PC :
-          PC 10.1 :
IP                            = 192.168.10.1
Subnet mask            = 255.255.255.0
Gateway                  = 192.168.10.10
Vlan                        = 10
-          PC 10.2 :
IP                            = 192.168.10.2
Subnet mask            = 255.255.255.0
Gateway                  = 192.168.10.10
Vlan                        = 10 

Minggu, 10 Maret 2013

Tugas Resume Jaringan komputer Pertemuan 3 (CONFIGURING A CATALYST SWITCH)


NIM   : 11410100054
Nama  : Wardah Lucianna Suhalim 
Kelas  : O1
Dosen : Anjik Sukmaaji, S.Kom, M.Eng

Network Device Basis
1. Hub
2. Switch => manange switch dan unmanange switch
3. Router

Manange Switch : tidak perlu dikelola dan tidak share ke bandwidth
Unmanange Switch : bisa dikelola, disa diklasifikasikan lebih lanjut, bisa digunakan, dan diatur lagi
Skala area network : bisa diatur sesuai kebutuhan trefik dan bisa digunakan lan
IP address : Berada pada layers 3 dan IP di PC sebagia identitas
Router : Berada pada layers 2

Jumat, 01 Maret 2013

Tugas Resume Jaringan komputer Pertemuan 2 (PERANGKAT JARINGAN DASAR)

NIM   : 11410100054
Nama  : Wardah Lucianna Suhalim 
Kelas  : O1
Dosen : Anjik Sukmaaji, S.Kom, M.Eng

Lowter
Merupakan jaringan yang bisa bekerja pada layers 3. Lowter dapat digunakan untuk mempercepat jaringan

Swich dan Hub
Switch berada pada leyers 2. Switch mempunyai kemampuan lebih dari hub. Switch dapat ,emgkomfrensi arus listrik sampai fream/layers 3. Switch mempunyai kecepetan 100mps. ciri-ciri switch mempunyai colostion. colotion yaitu terjadi tabrakan antar arus/ jalan maka switch tidak dapat berjalan/berhenti.
Apabila di salah satu jaringan mengalami kolostion maka akan tidak terjadi kerusakan pada jaringan yang lain. sedangkan di hub apabila terjadi colotion maka jaringan lain akan ikut down.

Jumat, 22 Februari 2013

Tugas Resume Jaringan komputer Pertemuan 1 (PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER)


NIM   : 11410100054
Nama  : Wardah Lucianna Suhalim 
Kelas  : O1
Dosen :  Anjik Sukmaaji, S.Kom, M.Eng

Elemen dibagi menjadi 2 :
1. Hubungan => lebih dari 1 hubungan
2. media komunikaso => Media guide dan media unguide

Guide Media (Cabel)
ditinjau dari lahan cable :
1. Tembaga
     a. Loayial => Thiu dam Thick
     b. Twisted Pair => UTP dan STP
         UTP digunakan untuk indoor sedangan STP untuk outdoor
2. Kaca => Single moden dan multi model


Selasa, 25 Desember 2012

Resume MSDM Pertemuan 12 ( Audit Sumber Daya Manusia )

Tujuan Audit SDM
  • Membantu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan-tujuan organisasi dan penciptaan nilai departemen SDM.
  • Mendapatkan umpan balik, baik dari karyawan maupun manajer yang berkaitan dengan tugas-tugas  dan pengelolaan  SDM
  • Membantu Manajer SDM dalam membuat  keputusan Manfaat Audit SDM
  • Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM – Rekrutmen  dan  seleksi,  kompensasi,  pelatihan, penilaian kinerja, dan sebagainya
  • Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan;bisnis perusahaan
  • Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan terus menerus
  • Mengidentifikasi berbagai masalah strategik dan administratif implementasi fungsi SDM
  • Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM


Lingkup Audit SDM
1.       Audit Strategi Korpororasi/Kompatibilitas
·         Menilai keterkaitan dan konsistensi kebijakan dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan;
·         Mempelajari rencana bisnis jangka panjang, dan melakukan peninjauan lingkungan secara sistematis guna mengungkap  tren‐tren yang berubah
 2.       Audit Fungsi SDM
·         Merupakan penilaian atas berbagai fungsi yang dijalankan departemen SDM.
·         Terdiri  atas:
                                                               i.      Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusiay
                                                             ii.      Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
                                                            iii.      Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi
3.       Audit Kepuasan Karyawan
·   Kinerja departemen SDM dinilai efektif jika mampu mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus juga memenuhi kebutuhan para karyawan.
·   Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi, maka cenderung akan timbul turnover, kemangkiran, dan aktivitas serikat pekerja.
·  Moral dan kepuasan karyawan adalah prekondisi atau prasyarat bagi peningkatan produktivitas, keresponsifan, kualitas, dan pelayanan pelanggan.
·     Kepuasan karyawan dapat diukur dengan survey Kepuasan  karyawan  dapat  diukur  dengan survey kepuasan (satisfactory survey) yang dilakukan secara periodik.
Contoh pertanyaan:
·         Seberapa puas saudara terhadap  kesempatan berpartisipasi dalam pengambilan  keputusan  yang mempengaruhi  pekerjaan  saudara?